Agenda 2022

Dunia perlebahan tahun 2021 sangat dinamis telah terlewati.  Berbagai hal telah terjadi dan memerlukan perhatian yang serius untuk melakukan berbagai perbaikan di taun 2022.  Catatan yang menarik di tahun 2021 adalah masa up dan down pandemi C19, dan banyaknya perhatian masyarakat dengan arti membentengi kesehatan, termasuk di dalamnya adalah madu. Di sisi lain bergairahnya masyasarakat teratrik dengan aktivitas perlebahan sangat menjanjanjikan untuk masa depan perlebahan yang lebih baik.  Namun demikian banyak para pelaku yang kemudian juga terusik melakukan tindak yang tidak bertanggung jawab antara lain bisnis ponzi ternak lebah trigona atau klanceng atau teuwuel. Korban terus berjatuhan, tetapi penggiat terus mencari celah yang ada di tengah situasi masyarakat yang punya usaha tapi merasa tidak berdaya.  Ada juga yang bermain madu-maduan dengan sengaja.  Oleh karenanya kami sangat mempedulikan hal tersebut dan akan mengusung beberpa topik penting di tahun 2022.

1. Organisasi

Pembenahan organisasi akan dikawal dengan sistematis. mengingat API merupakan organisasi terbuka sehingga perogram2 khusus dengan penguatan organisasi menjadi pekerjaan bersama secara kolaboratif.  Pembenahan organisasi akan dibahas secara khusus dalam MUNAS API 2022.

2. Sertifikasi

Sertifikasi kompetensi dan sertifikasi produk akan dilakukan untuk memastikan apa yang di lapangan terjadi dengan bertanggung jawab dan disediakan mekanisme perbaikan apabila terjadi hal2 yang dianggap kurang benar oleh masyarakat.

3. Edukasi

Edukasi menjadi hal yang sangat penting agar para pihak memahami segala proses yang terjadi dalam perjalanan produk dari peternak lebah hingga sampai ke konsumen dan hal-hal yang terjadi di belakang layar seperti gerakan penanaman pakan lebah, kegiatan pelatihan-pelatihan dan banyak hal yang akan menjadi cerita di lablik produk.

271137984_2145654972261229_384654901709269656_n

Advertisement
%d bloggers like this: